Contoh Senyawa Karbon Organik dan Anorganik

Lihat juga  

 Contoh Senyawa Karbon Organik dan Anorganik

By: Dimas Krisyanto Wibisono  


  Senyawa karbon merupakan senyawa yang dapat dengan mudah kita temui didalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat menemukan senyawa karbon dari mulai makanan, pakaian, mainan, bahkan dalam tubuh kita sendiri terdapat banyak sekali senyawa karbon. Daging, darah, kayu, pensil, penghapus, mobil, telefon genggam dan banyak sekali benda-benda lainnya dapat dipastikan mengandung senyawa karbon. Karbon sebagai atom yang jumlahnya melimpah serta sifatnya yang relatif stabil memungkinkan fenomena ini terjadi. Definisi dari senyawa kabon sangatlah sederhana, Senyawa karbon adalah senyawa yang mengandung karbon. Secara lebih lanjut, senyawa karbon dibagi lagi menjadi dua kelompok berdasarkan , yaitu senyawa karbon organik dan senyawa karbon inorganik/anorganik. Pengelompokkan ini sangat penting, selain untuk alasan identifikasi dan klasifikasi, dengan mengetahui perbedaan antara senyawa karbon anorganik dan organik kita akan dapat memahami secara lebih lanjut mengenai sifatnya sehingga kita dapat memanfaatkan senyawa-senyawa tersebut.

Senyawa Karbon Organik

Senyawa karbon organik adalah senyawa karbon yang berasal dari makhluk hidup. Senyawa-senyawa karbon organik dapat berupa senyawa metabolik maupun dari sisa metabolisme organisme. Kita dapat dengan mudah menemukan senyawa senyawa organik dalam kehidupan kita seperti pada pakaian, makanan, bahkan tempat tinggal kita. berikut ini merupakan beberapa contoh senyawa karbon organik.
  • Karbohidrat (C6H12O6)
  •  
     
    Contoh senyawa karbohidrat Laktosa
  • Protein (NH2CH2CO2H)
  • Urea ((CNH2)2CO)
  • Lemak (C17H33COOH)
  • Asam Format (HCOOH)
  • Asam Alkanoat (RCOOH)
Lihat Juga:Perbedaan Gugus Hidroksi dan karboksil
Perbedaan Aromatik dan Alifatik

 

Senyawa Karbon Anorganik


Senyawa karbon anorganik/inorganik adalah senyawa karbon yang bukan berasal langsung dari makhluk hidup. Senyawa karbon anorganik dapat berasal dari aktivitas alam seperti aktivitas geologis. Senyawa ini juga dapat dengan mudah kita temui pada zat-zat sintetik yang dibuat oleh manusia. Cntoh dari senyawa karbon anorganik adalah sebagai berikut.
  • Batu Kapur (CaCO3)
  • Karbit (CaC2)
  • Soda Kue (NaHCO3)
  • Plastik (C3H6)
ada juga contoh senyawa lain seperti Ag2CO3, CaCO3, CdCO3, Ce2(CO3)3, CoCO3, Cs2CO3, CuCO3, FeCO3, Na2CO3, NiCO3, K2CO3, La2(CO3)3, Li2CO3, MgCO3, ZnCO3, MnCO3, BaCO3, (NH4)2CO3, PbCO3, dan SrCO3.


Lihat Juga: 
Perbedaan Eter dan Ester
Perbedaan Alkali dan Alkali Tanah
Perbedaan Senyawa Halida dan Halogen

Komentar

Tanya

Postingan populer dari blog ini

Contoh Pelanggaran hak dan Pengingkaran kewajiban sebagai warga negara

Struktur Sesorah Bahasa Jawa dan Contohnya