Konsep 4P dalam Pemasaran beserta dengan Contohnya.

Konsep 4P dalam Pemasaran beserta dengan Contohnya.


Konsep 4P terdiri dari produk (Product), harga (Price), tempat (Place), dan promosi (Promotion). Tempat, atau penempatan adalah suatu cara yang akan menghadirkan produk pada pembeli. Kunci utama dari penempatan adalah distribusi. Strategi penempatan akan menentukan jalur pemasaran mana yang paling tepat. Contoh: Penjualan es kelapa muda pada daerah pantai menunjukan bahwa penempatan menjadi aspek penting.

Produk, merupakan barang atau jasa yang spesifikasinya bertemu dengan kebutuhan pelanggan. Kelebihan yang ditawarkan dari suatu produk dan seluruh fitur yang dimilikinya harus dimengerti dan posisi unik dari penjualan produk harus dipelajari. Selain itu, komsumen potensial harus diidentifikasi dan dimengerti. Contoh: produk elektronik Xiaomi yang menawarkan fitur yang dibutuhkan konsumen.

Harga, adalah besaran harga yang diharapkan pembeli. Pemberian harga pada suatu produk akan secara langsung mempengaruhi penjualan. Pembeli mengharapkan harga suatu produk sesuai dengan penilaiannya, bukan dari harga yang ditargetkan oleh pebisnis. Saat pembeli memberikan nilai positif yang lebih terhadap suatu produk, maka penjual dapat menghasilkan keuntungan lebih dari target moneter. Contoh: Produk Apple seperti iPhone dan iPad yang dihargai jauh lebih tinggi dari biaya produksi karena pelanggan memberikan penilaian tinggi pada produk.

Promosi, adalah strategi dan teknik komunikasi pemasaran termasuk periklanan, promosi sales, penawaran khusus, dan relasi publik. Apapun cara pemasaran yang digunakan, penting bagi harga, produk, dan pembeli untuk dihubungkan. Secara umum, promosi hanyalah aspek komunikasi dari pemasaran. Contoh: Gojek & Grab menawarkan diskon pada pelanggan agar pengguna terbiasa menggunakan jasa.

Komentar

Rekomendasi

Tanya

Postingan populer dari blog ini

Struktur Sesorah Bahasa Jawa dan Contohnya

Struktur Pidato Biantara Bahasa Sunda

Cerita Singkat Legenda Danau Toba