Penjelasan Layout Manajemen Sistem Produksi, Product Layout dan Fixed Position Layout

Dalam suatu sistem manufaktur terdapat beberapa jenis sistem layout. Sistem layout yang petama adalah process layout. Layout ini biasanya ditemui pada sistem job shop atau sistem produksi custom product dan diproduksi dalam volume tertentu. Penempatan perangkat dilakukan melalui pengelompokan berdasarkan fungsi. Layout ini memiliki keuntungan pada fleksibilitas dan biaya perlengkapan yang secara umum lebih rendah. Pada sistem ini, kerusakan dari suatu perangkat tidak akan menghambat proses yang lain secara langsung. Namun kekurangan dari sistem ini berada pada biaya proses produksi yang lebih tinggi. Kebingungan juga dapat terjadi karena perubahan jadwal yang sering terjadi. 

Product layout dapat ditemui pada sistem produksi dengan alur kontinu atau proses penyusunan repetitif. Layout ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan produksi dengan volume yang tinggi dan produk yang sangat terstandardisasi. Sistem harus dapat bias menjamin peralatan dan tenaga kerja bekerja secara lancar. Keuntungan dari sistem ini adalah volume produksi yang besat dan biaya produksi yang rendah. Kerugian dari sistem ini adalah fleksibilitas yang rendah dan risiko kerusakan sistem produksi yang besar.

Fixed position layout dicirikan oleh penggunaan sistem yang terlalu besar dan berat untuk dapat dipindahkan. Layout ini dapat ditemui pada proses pembuatan kapal perang yang tidak dapat dibuat melalui jalur produksi biasa. Bidang  jasa juga dapat mengaplikasikan sistem ini seperti yang dapat kita temui pada rumah sakit. Di dalam rumah sakit, terdapat sistem yang saling mendukung antara pasien, dokter, perawat serta perlengkapan yang ada. Kekurangan dari layout ini adalah kebutuhan akan ruang yang sangat besar.

Komentar

Rekomendasi

Tanya

Postingan populer dari blog ini

Struktur Sesorah Bahasa Jawa dan Contohnya

Struktur Pidato Biantara Bahasa Sunda

Cerita Singkat Legenda Danau Toba