Penjelasan Siklus Hidup Produk beserta contohnya


Siklus Hidup Produk

Siklus hidup produk merupakan proses suatu produk melewati tahap pertama produk tersebut masuk ke dalam pasar hingga menurun atau bahkan hingga keberadaannya dihapuskan dari pasaran. Siklus tersebut melawati empat tahap, yaitu introduksi, pertumbuhan, kematangan dan penurunan. 

Dalam bioindustri, fenomena siklus hidup produk dapat diamati pada produk Kopi luwak. Sebelum tahun 2000an, konsumsi kopi luwak hanya terbatas pada masyarakat lokal. Pada awal tahun 2000, keberadaan kopi luwak mulai diminati karena rasanya yang unik dan produksinya terbatas. Beragam industri mulai meningkatkan produksi dan pemasaran mulai meningkat. Namun hingga tahun 2007, popularitas dari kopi luwak relatif tidak berubah.

Tahap selanjutnya dari siklus tersebut adalah pertumbuhan. Pertumbuhan pembeli baru meningkatkan jumlah pembelian dan popularitas dari produk. Popularitas kopi luwak setelah tahun 2007 meningkat secara drastis. Produksi kopi jenis ini di Indonesia dan juga popularitas di seluruh Dunia meningkat dan mengalami pertumbuhan hingga tahun 2013-2014. Namun setelah tahun tersebut, grafik popularitas mulai mendatar.

Kematangan (maturity), saat suatu produk mencapai kematangan, pertumbuhan penjualan mengalami perlambatan atau bahkan tidak bertambah lagi. Hal tersebut menunjukan keadaan pasar yang sangat jenuh. Produk pada tahap ini juga mulai mengalami persaingan harga yang ketat.

Penurunan, meskipun beragam industri telah mencoba untuk menjaga keberadaan produk pada pasar sebisa mungkin, penurunan produk tidak dapat dihindari. Pada tahap penurunan, perilaku konsumen berubah dan kurang menuntuk keberadaan produk. Pada akhirnya, keberadaan produk pada pasar akan menuruh bahkan hilang. Pada kasus kopi luwak, setelah tahun 2017, mulai terjadi penurunan produksi dan popularitas


Popularitas Kopi luwak di seluruh dunia dari tahun 2004 hingga April 2020

(Google Trend, 2020; Kusno et al., 2019)



Kusno, K., Arifin, M. I. P., Wiyono, S. N. & Rochdiani, D.2019. Strategi Pemasaran Kopi Luwak Manglayang Karlina di Kelompok Tani Kiwari Farmers, Kabupaten Bandung. Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian UNPAD.4(1)

Google Trends.2020.Kopi Luwak.diakses pada 1 mei 2020 pada https://trends.google.co.id/trends/explore?date=all&q=%2Fm%2F038qkl

Komentar

Rekomendasi

Tanya

Postingan populer dari blog ini

Struktur Sesorah Bahasa Jawa dan Contohnya

Struktur Pidato Biantara Bahasa Sunda

Cerita Singkat Legenda Danau Toba