Cerita Singkat Legenda Parambanan, Roro Jongrang & Bandung Bondowoso

Kisah Rara Jonggrang dan Candi Prambanan

Dahulu kala ada sebuah kerajaan besar bernama Prambanan. Tetapi kemudian, Kerajaan Prambanan diserang dan dijajah oleh Negara Pengging dan dipimpin oleh Bandung Bondowoso. Melihat kecantikan putri Raja Prambanan, yaitu Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso ingin menikahinya.

Jika menolak, Bandung Bondowoso akan marah dan membahayakan keluarganya dan masyarakat Prambanan. Rara Jonggrang sangat tidak menyukai Bandung Bondowoso. Akhirnya Roro Jonggrang setuju dengan syarat, Bandung Bondowoso harus membuat 1000 candi dalam satu malam. Bandung Bondowoso menyanggupi persaratan tersebut dan memerintahkan pasukan jin untuk membangun ke 1000 candi tersebut

Dalam waktu singkat para jin hampir menyelesaikan seribu buah candi. Sementara itu, Roro Jonggrang diam-diam mengamati dari kejauhan. Khawatir 1000 candi akan terselesaikan, Roro jongrang memerintahkan para pelayan kerajaan untuk berkumpul dan membakar jerami.

Para jin mengira sinar terang dari api sebagai fajar dan bergegas meninggalkan tempat itu. Roro Jonggrang segera menghitung jumlah candi. Ternyata hanya ada 999 buah dan Bandung Bondowoso pun gagal memenuhi persyaratan

Dia menjadi sangat marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi ke 1000. Sampai saat ini candi-candi tersebut masih ada dan berada di kawasan Prambanan, Jawa Tengah disebut Candi Roro Jonggrang.

Comments

Popular posts from this blog

Struktur Sesorah Bahasa Jawa dan Contohnya

Perbedaan sistem terbuka tertutup dan terisolasi beserta contohnya