Cerita Singkat Asal Usul Selat Bali

Legenda Selat Bali

Pada zaman dahulu kala di Bali, terdapat seorang anak muda bernama Manik Angkeran. Pemuda ini memiliki kebiasaan buruk yaitu sering berjudi. Suatu ketika Manik Angkeran kehabisan uang dan meminta harta kepada ayahnya, Sidi Mantra. Sidi mantra tiba tiba mendengar suara untuk pergi ke Gunung Agung. Sesampainya disana, Sidi Mantra membunyikan lonceng dan membacakan doa.

Tiba-tiba munculah Sang Naga Besakih. Sang Naga menggesekan sisiknya dan mengeluarkan emas permata. Sidi Mantra membawa harta berlian tersebut untuk anaknya supaya dia berhenti berjudi. Akan tetapi harta tersebut kembali dihabiskan. Sidi Mantra tidak ingin lagi membantu anaknya.

Manik Angkeran kemudian pergi sendirian untuk menemui Sang Naga. Setelah membunyikan lonceng Sang Naga pun keluar. Setelah melihat banyaknya permata di tubuh Sang Naga, Manik Angkeran yang tamak menebas ekornya. Sang Naga Yang marah kemudian membakar Manik Angkeran hingga menjadi abu.

Sidi Mantra kemudian meminta maaf dan memohon agar putranya dibangkitkan oleh Sang Naga. Permintaannya dikabulkan dengan syarat untuk menyembuhkan ekornya dan Manik Angkeran harus berubah. Setelah Manik Angkeran dihidupkan, Sidi Mantra menghilang dan munculah mata air yang terus mengalir dan memisahkan pulau jawa dan bali. Daerah tersebut akhirnya disebut sebagai Selat Bali

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Sesorah Bahasa Jawa dan Contohnya

Cerita Singkat Legenda Tangkuban Perahu

Pidato Singkat Bahasa Indonesia Tentang Banjir