Cerita Singkat Legenda Danau Toba

Legenda Danau Toba dan Pulau Samosir

Pada Suatu hari terdapat seorang pria bernama Toba yang sedang mencari ikan di sungai. Suatu kali, kail si pemuda tersangkut pada seekor ikan mas, yang tiba-tiba berubah menjadi perempuan cantik. Si pemuda pun memperistri perempuan tersebut. Dengan syarat, ia tidak boleh membeberkan asal-usul istrinya kepada siapapun.

Mereka berdua hidup bahagia dan dikaruniai seorang anak benama Samosir. Suatu hari Samosir diberi tugas untuk membawakan siang untuk ayahnya di ladang. Akan tetapi Samosir lupa dan malah bermain dengan temannya. Karena kelaparan, Toba marah dan secara tak sengaja berujar “Dasar anak ikan !” Seketika itu juga bumi berguncang. Air membuncah dari tanah yang rekah. Hujan turun dengan lebat.

Toba tersadar dan menyesal karena telah melanggar janji untuk merahasiakan tentang asal-usul istrinya. Namun, segalanya terlambat. Sang ibu yang kecewa kembali menjadi ikan. Hujan yang tidak berhenti memunculkan sebuah Danau besar yang dinamakan Tao Toba. Samosir sang anak, karena petunjuk ibunya, selamat dengan mendaki bukit tinggi di tengah danau, yang akhirnya dikenal sebagai Pulau Samosir

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Sesorah Bahasa Jawa dan Contohnya

Cerita Singkat Legenda Tangkuban Perahu

Pidato Singkat Bahasa Indonesia Tentang Banjir