Cerita Singkat Legenda Pesut Mahakam

Legenda Pesut Mahakam

Zaman dahulu, ada sebuah desa dekat Sungai Mahakam di Kalimantan Timur. Penduduk desa selalu bekerja keras. Meskipun mereka miskin, mereka sangat senang dan membantu satu sama lain. Di desa, ada sebuah keluarga kaya. Kepala keluarga itu Pak Pesut. Semua orang tahu Pak Pesut karena kekikirannya. Dia tidak suka membantu orang lain sehingga keluarganya selalu tinggal sendirian dan tidak pernah berbaur dengan orang lain.

Pada suatu musim kemarau yang sangat panjang. Semua sawah tidak bisa mendapatkan air yang cukup. Penduduk desa tidak bisa memanen padi. Suatu ketika sekumpulan pemuda yang baru selesai berkelana mengabarkan bahwa terdapat air terjun yang dapat digunakan untuk mengairi sawah. Pemuda ini mengajak seluruh warga desa termasuk Pak Pesut. Akan tetapi Pak pesut menolak dengan angkuhnya.

Beberapa lama kemudian seluruh warga meninggalkan desa dan persediaan makan Pak Pesutpun menipis. Pada suatu hari datang seorang pengemis yang mengetuk rumah Pak Pesut untuk meminta beras. Pak Pesut secara bergegas menyuruh keluarganya untuk segera memakan nasi karena takut dicuri oleh pengemis. Karena nasi yang sangat panas, Pak Pesut dan keluarganya langsung menuju sungai Mahakam untuk meminum air. Pengemis melihat kejadian tersebut. Dia kemudian berdoa kepada Tuhan. Hebatnya, keluarga Pak Pesut perlahan berubah menjadi ikan. Sejak itu, setiap orang memanggilnya ikan Pesut.

Komentar

Tanya

Postingan populer dari blog ini

Contoh Pelanggaran hak dan Pengingkaran kewajiban sebagai warga negara

Struktur Sesorah Bahasa Jawa dan Contohnya

Contoh Senyawa Karbon Organik dan Anorganik