Cerita Singkat Legenda Situ Bagendit

Legenda Situ Bagendit

Pada jaman dahulu kala disebelah utara kota garut ada sebuah desa yang penduduknya kebanyakan adalah petani. Terdapat seorang Nyai bernama Nyai Endit. Nyai Endit adalah orang terkaya di desa itu. Rumahnya mewah, lumbung padinya sangat luas karena harus cukup menampung padi yang dibelinya dari seluruh petani di desa itu.

Seluruh petani terpaksa menjual semua hasil panennya dengan harga murah kalau tidak ingin cari perkara dengan anak buah Nyai Endit. Lalu jika pasokan padi mereka habis, mereka harus membeli dari nyai Endit dengan harga yang melambung tinggi. Beberapa minggu kemudian para penduduk desa mulai kehabisan bahan makanan dan ada yang sudah mulai menderita kelaparan. Sementara Nyai Endit selalu berpesta pora dengan makanan-makanan mewah di rumahnya.

Suatu hari dari ujung desa nampak seorang nenek yang berjalan terbungkuk-bungkuk. Dia melewati pemukiman penduduk dengan tatapan penuh iba. Nenek tersebut kemudian mendatangi Nyai Endit yang sedang menikmati hidangan yang berlimpah. Si Nenek pengemis tiba di depan rumah Nyai Endit dan langsung dihadang oleh para anak buah. Nyai Endit langsung menghina dan mencoba mengusir si nenek. Si nenek bukannya pergi tapi malah menancapkan tongkatnya ke tanah lalu memandang Nyai Endit dengan penuh kemarahan.

Nyai Endit dan anak buahnya mencoba mencabut tongkat si nenek, namun meski sudah ditarik oleh tiga orang, tongkat itu tetap tak bergeming. Kemudian si nenek dengan sekali hentakan, berhasil menarik tongkat itu dari tanah. Tiba-tiba dari bekas tancapan tongkat si nenek menyembur air yang sangat deras. Nyai Endit yang panik melihat air yang meluap dengan deras. Dia berusaha berlari menyelamatkan hartanya, namun air banjir lebih cepat menenggelamkannya beserta hartanya. Di desa itu kini terbentuk sebuah danau kecil yang indah. Orang menamakannya ‘Situ Bagendit’. Situ artinya danau dan Bagendit berasal dari kata Endit.

Komentar

Tanya

Postingan populer dari blog ini

Contoh Pelanggaran hak dan Pengingkaran kewajiban sebagai warga negara

Struktur Sesorah Bahasa Jawa dan Contohnya

Contoh Senyawa Karbon Organik dan Anorganik