Cerita Singkat Legenda Lutung Kasarung

Legenda Lutung Kasarung

Dahulu kala, terdapat dua orang putri dari Kerajaan Pasundan. Mereka Praburarang dan Purbasari yang memiliki wajah sangat cantik

Dengan meninggalnya sang Raja, Purbasari ditunjuk untuk menggantikan tahtanya. Mendengar hal itu, Praburarang merasa sangat iri dan ingin mencelakakan Purbasari.

Ia memutuskan untuk menemui nenek sihir untuk mengutuk adiknya, Purbasari, dengan penyakit kulit. Kemudian Purbasari dipaksa untuk diasingkan didalam hutan sehingga tahta pun berhasil pindah ke tangan Praburarang.

Selama tinggal di hutan, Purbasari berteman dengan seekor kera berbulu hitam.Kera tersebut bernama Lutung Kasarung. Ia sangat perhatian dan menyayangi Purbasari.Lutung mengajak Purbasari untuk mandi di sebuah telaga.

Secara ajaib, air dari telaga tersebut mampu menyembuhkan penyakit mengembalikan kecantikan Purbasari

Mendengar hal tersebut, Praburarang merasa cemas.Ia khawatir jika adiknya merebut kembali tahtanya.Kemudian, ia pun menghampiri adiknya dan mengajaknya beradu untuk memperebutkan kursi raja.

Praburarang mengajak adiknya adu ketampanan dari tunangan masing-masing. Purbasari menunjukkan Lutung Kasarung sebagai tunanganya. Kakaknya pun menertawakannya dan merasa tunanganya lebih tampan dari seekor kera.

Pada saat itu juga, lutung kasarung berubah ke wujud aslinya yaitu seorang pangeran dengan wajah yang tampan. Prubararang akhirnya mengakui kekalahannya dan menyerahkan tahta kerajaan kepada adiknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Sesorah Bahasa Jawa dan Contohnya

Cerita Singkat Legenda Tangkuban Perahu

Pidato Singkat Bahasa Indonesia Tentang Banjir