Cerita Singkat Legenda Malin Kundang

Malin Kundang

Pada suatu saat hiduplah seorang anak bernama Malin Kundang. Malin memiliki seorang ibu bernama Mande Rubiyah yang sangat menyayanginya. Mereka merupakan keluarga miskin yang tinggal di dekat Pelabuhan. Di desa tempat mereka tinggal, sering dikunjungi kapal besar yang berlabuh untuk bedagang. Melihat banyaknya orang yang sukses untuk berdagang, Malin memiliki keinginan untuk menaiki salah satu kapal dan menjadi orang kaya diperantauan.

Suatu hari Malin Kundang berhasil menaiki kapal dan pergi menuju perantauan. Setelah beberapa tahun kemudian, seluruh penduduk desa mendengar kabar bahwa Malin telah menikah dengan anak saudagar kaya dan menjadi orang sukses. Mendengar hal itu, Mande Rubiyah menjadi berbahagia dan selalu menantikan kedatangan Malin.

Suatu saat, Malin Kundang akhirnya kembali ke desa kelahirannya. Sang ibu, Mande Rubiyah langsung mengampiri Malin yang datang bersama istrinya. Karena malu dengan penampilan Ibunya yang kumuh dan miskin, Malin berpura pura tidak mengenali ibunya dan mengusir Mande Rubiyah dari hadapannya. Mande Rubiyah menjadi sangat sedih dan berdoa kepada tuhan untuk mendapatkan keadilan. Seketika setelah kapal Malin berlayar, ombak dan badai besar menerpa dan menenggelamkan kapal tersebut. Malin hanya bisa meminta maaf sambal bersujud. Tetapi atas kuasa tuhan, Malin pun dikutuk menjadi batu.

Komentar

Rekomendasi

Tanya

Postingan populer dari blog ini

Struktur Sesorah Bahasa Jawa dan Contohnya

Struktur Pidato Biantara Bahasa Sunda

Cerita Singkat Legenda Danau Toba